Wednesday, July 14, 2010

Yang Muda, Yang Sehat




Nabi Muhammad SAW pun ternyata dalam catatan sejarah merupakan orang yang sangat sehat walaupun aktifitasnya luar biasa padatnya. Tercatat beliau hanya dua kali mengalami sakit. (woww..)

Dalam bukunya Aa’ Gym memberikan tips gimana caranya menjaga kesehatan tubuh dan hati kita supaya tetep fit setiap saat :

1.)
Menjaga perut. Pastikan perut kita tak dimasuki barang haram serta makruh seperti rokok. Jangan berlebihan jika makan, berhenti makan sebelum kenyang, perbanyak minum, dan perbanyak shaum sunnah Senin-Kamis atau shaumDaud.

2.)
Menjaga kebugaran tubuh dengan senam, olahraga, lari, fitness, berenang, bersepeda, yang diupayakan secara rutin dan istiqamah.



3.)
Istirahat yang berkualitas. Walau tidur sebentar, upayakan berkualitas. Caranya adalah setiap ada kesempatan, istirahat. Di samping itu, perbanyak dzikir dan mohonlah kepada Alloh agar diberi istirahat yang baik. Walau hanya beberapa menit, yang penting bisa membuat segar kembali.

4.)
Dan kunci terpenting adalah menjaga hati. Jangan stres, mudah tersinggung, marah atau dendam. Jadilah pemaaf, menggembirakan orang lain, jangan mempersulit diri, dan selalu berpikir positif.

5.)
Perbanyak dzikir. Karena dengan selalu ingat kepada Alloh, bathin ini akan benar-benar tenteram dalam situasi apa pun. Di samping itu, perbanyaklah tilawah Qur’an, berdo’a, dan bersujud terutama saat sholat tahajjud.



Mudah-mudahan kalau upaya untuk sehat sudah maksimal, jika tetap ditakdirkan sakit, sakit tersebut menjadi sebaik-baik kejadian yang dapat menggugurkan dosa serta sarana latihan bersabar dan membuka pintu hikmah lainya.

Gimana?
Anda siap untuk sehat

0 comment:

Post a Comment

Berkomentar berarti berpendapat
Berpendapat berarti berapresiasi
Berapresiasi berarti menghargai